Home > METRO BERITA > Sosialita > Iqbal Setiawan, Tak Canggung Perankan Karakter Perempuan

Iqbal Setiawan, Tak Canggung Perankan Karakter Perempuan

IMAGE kemayu sepertinya hal yang wajar didapatkan oleh seorang cosplayer laki-laki, lantaran tak jarang mereka juga harus mengenakan kostum serta make up yang lazim dipakai perempuan. Pengalaman memerankan karakter kemayu juga pernah dialami oleh Muhammad Iqbal Setiawan.

Iqbal saat memerankan karakter Akechi Mitsuhide dari Anime Samurai Warior. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Iqbal saat memerankan karakter Akechi Mitsuhide dari Anime Samurai Warior. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Iqbal mengaku sangat jarang menjadi karakter perempuan. Tetapi saat perform dalam kompetisi Cosplay tak jarang ia menyisipkan polah serta suara perempuan.

“Nggak masalah dianggap mirip cewek, karena kita hanya memerankan karakter. Tapi, dalam keseharian kita tetap kembali seperti semula,” kata Iqbal, baru-baru ini.

Kostum dan armor untuk melengkapi penampilannya ia buat sendiri. Setidaknya butuh waktu kurang lebih satu bulan untuk menjahit kostum serta bermacam aksesoris seperti pedang.

“Kalau latihannya cuma seminggu tapi bikin kostum sama pedangnya yang lama,” tutur remaja yang masih duduk di bangku kelas XII SMK Perdana ini.

Iqbal pernah meraih juara best male dalam kompetisi Cosplay di Bandung tahun 2015 silam. Sejak tiga tahun lalu, ia mulai serius mengembangkan hobinya. Kelak kata dia, ia juga ingin menjadi wakil Indonesia di kontes cosplay internasional.

“Sekarang memang baru hobi, tapi nanti juga ingin bisa mewakili Indonesia. Tahun ini kan yang menang wakil Indonesia,” pungkas Iqbal. (vit)