Home > METRO BERITA > Ita Ancam Tutup Toko Modern Tak Berizin

Ita Ancam Tutup Toko Modern Tak Berizin

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akhirnya menindaklanjuti kritik banyaknya toko modern tak berizin dari anggota dewan. Pemkot segera melakukan inventarisasi seluruh toko modern yang tersebar di kota ini.

Hevearita Gunaryanti Rahayu Foto: metrosemarang.com/dok
Hevearita Gunaryanti Rahayu
Foto: metrosemarang.com/dok

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, telah memerintahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk melakukan kegiatan inventarisasi. Bulan ini juga targetnya inventarisasi selesai.

Dari situ akan diketahui mana saja toko modern khususnya minimarket yang berizin dan belum berizin. Setelah itu ditindaklanjuti tindakan yang perlu dilakukan sesuai. ‘’Disperindag menyatakan sudah membuat kajian,’’ kata Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu, Sabtu (5/11).

Ita juga mengaku heran dengan data dari 529 toko modern minimarket baru sekitar 197 yang berizin. Seharusnya itu tidak terjadi karena perizinan syarat yang harus dilengkapi sebelum mendirikan toko modern.

Izin yang sedang dalam proses pengurusan juga belum boleh mendirikan. Sebab tegas sekali aturannya bahwa perizinan harus dilakukan sebelumnya. ‘’Karena itu saya minta segera diinventarisir,’’ katanya.

Ita mengancam akan menutup operasi hingga pembongkaran toko modern mini market jika tidak mau melengkapi izin. Namun pihaknya lebih dulu akan melakukan sosialisasi pada Januari mendatang. (duh)