Home > METRO BERITA > Jadi Khatib Idul Adha, Menristekdikti: Berkorbanlah untuk Negara

Jadi Khatib Idul Adha, Menristekdikti: Berkorbanlah untuk Negara

METROSEMARANG.COM – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengatakan pentingnya berkorban agar dapat berupaya membangun sebuah negara yang maju. Sebab, tindakan tersebut dapat menjadi suri tauladan yang baik untuk rakyat Indonesia sekaligus mencontoh perilaku Nabi Ibrahim yang mengorbankan anaknya, Ismail As.

Jemaah Salat Idul Adha di MAJT. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Jemaah Salat Idul Adha di MAJT. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Seperti apa yang dilakukan Ibrahim yakni mengorbankan anaknya, Ismail, maka saya kira pengorbanan itu penting untuk membangun sebuah negara,” ungkap Nasir di hadapan jemaah MAJT, Senin (12/9).

Maka dari itulah, ia mengajak kepada semua pejabat agar berfikir keras untuk menciptakan negara yang maju dan tak melulu memikirkan individu semata.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada pengurus MAJT yang telah mengundangnya jadi khutbah salat Idul Adha. “Saya mohon maaf bila saat berulang kali menghubungi saya, tapi baru terlaksana menjadi khotbah Idul Adha pada tahun ini,” ujarnya.

Satu pesan lainnya, ia menyampaikan kepada insan generasi muda bahwa memajukan bangsa Indonesia juga perlu dilakukan dengan penguatan pendidikan berbasis penguasaan teknologi.

“Teruslah untuk berfikir bagi bangsa Indonesia sehingga negara kita jadi kuat dan bermartabat,” katanya seraya menambahkan bila ia sekalian mudik ke kampung halamannya di Tembalang untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga besarnya. (far)