Home > Berita Pilihan > Jadi Pengasong di Semarang, Tiga Warga Cina Dibekuk Petugas

Jadi Pengasong di Semarang, Tiga Warga Cina Dibekuk Petugas

METROSEMARANG.COM – Perang terhadap warga asing ilegal semakin digencarkan oleh pemerintah. Kali ini, tiga warga Cina diringkus petugas Kemenkumham Jawa Tengah lantaran menyalahgunakan izin kunjungan wisata ke Indonesia.

Salah satu WNA yang ditangkap petugas imigrasi di Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ketiga warga Cina ini justru tepergok jadi pengasong saat berada di pusat hiburan Imlek terbesar di Semarang, Semawis.

Kepala Kemenkumham Jateng, Bambang Soemardiono menyebut ketiga warga Cina yang dibekuk petugasnya terdiri dari dua pria dan seorang wanita. Mereka berinisial JSA, JYA dan JZN. Ia semula mendapati laporan dari ketua rukun tetangga setempat yang memberitahukan bahwa tiga orang itu jadi pengasong di Semawis.

“Setelah itu, kami dengan petugas Kesbangpol turun ke sana dan ternyata betul mereka jualan di Semawis,” ungkap Bambang saat menunjukkan sosok tiga warga Cina di kantornya, Kamis (26/1).

Ketiganya kini masih diinterogasi oleh petugas Kemenkumham untuk menguak alasan mereka menyalahgunakan izin masuk ke Tanah Air.

Bambang bilang mereka ditangkap petugasnya sekitar Rabu (25/1) pukul 21.00 WIB malam kemarin. Data sementara didapatkan pihaknya bila ketiga warga Cina itu masuk Indonesia sejak tanggal 6 Januari kemarin.

“Harusnya izinnya untuk kunjungan wisata tapi malah jualan asongan. Dagangannya ada sapu, kail, dan barang lainnya,” kata Bambang lagi.

Menurutnya ini merupakan pelanggaran hukum yang patut ditindak tegas. Makanya ia akan memperdalam penyelidikan atas nasib warga Cina tersebut.

“Masih pendalaman biar nanti kita putuskan apa yang dilakukan,” ujar Bambang. (far)