Home > METRO BERITA > Jalan Kaligawe dari SPBU sampai Bawah Tol akan Ditinggikan Satu Meter

Jalan Kaligawe dari SPBU sampai Bawah Tol akan Ditinggikan Satu Meter

METROSEMARANG.COM – Jalan Kaligawe mulai dari depan SPBU Kaligawe hingga bawah tol Kaligawe pada Maret mendatang akan ditinggikan satu meter. Proyek yang dianggarkan sekitar Rp 20 miliar tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Genangan rob di bawah jembatan tol Kaligawe, Jumat (17/6) siang. Ruas jalan ini termasuk salah satu yang akan ditinggikan. Foto: metrosemarang.com/dok

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Semarang- Demak-Trengguli, Satker Pelaksana Jalan Nasional Metropolitan Semarang, Andi Nugroho Jati mengatakan, jalan yang akan ditinggikan di titik 2+300 hingga 3+00.

Sebenarnya sebagian ruas tersebut yakni 2+300 hingga 2+800 sudah diperbaiki pada 2016 lalu, dengan ditinggikan dan dibeton setinggi 15 sentimeter. Namun saat hujan deras dan rob, ruas jalan tersebut kembali tergenang air.
Kondisi paling parah ada di bawah jembatan tol dan belokan ke arah arteri Yos Sudarso.

Kedalaman genangan mencapai 30 sentimeter. Bahkan saat pasang tinggi, kedalaman genangan mencapai 50 sentimeter. Hal ini menyebabkan kemacetan di sepanjang jalan tersebut.

”Saat banjir dan rob, jalan kaligawe 2+300 sampai 3.00 kembali tergenang. Karenanya, kami akan tinggikan sekitar satu meter. Lelang sudah dilakukan sejak Desember lalu, dan Januari ini akan kontrak. Paling cepat, perbaikan dimulai Maret,” ujarnya, Senin (9/1).

Sambil menunggu proyek dilaksanakan, sementara perbaikan jalan menggunakan anggaran perawatan. Selain Jalan Kaligawe, tahun ini juga dilakukan perbaikan perbaikan Jalan Semarang-Demak, dan jalan di Jepara. (duh)