Home > METRO BERITA > Jalur Searah di MT Haryono Rawan Kecelakaan

Jalur Searah di MT Haryono Rawan Kecelakaan

METROSEMARANG.COM – Sejumlah pengguna jalan mengeluhkan penerapan jalur searah di Jalan MT Haryono yang telah dilakukan sejak dua pekan terakhir. Pasalnya, akses jalan yang ada di situ dianggap berpotensi menimbulkan kecelakaan, tepat di simpang empat lampu merah Bangkong.

Penerapan jalur searah di Jalan MT Haryono dikritik pengguna kendaraan. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Kemarin nyaris ada yang celaka karena menyerempet marka jalan di lampu merah,  karena itulah saya minta marka jalan di Bangkong dibongkar saja karena lajur kendaraan sangat cepat setelah diberlakukan jalur searah,” kata Muhammad Solihin, warga Jalan Sompok Lama, Semarang Selatan kepada metrosemarang.com, Rabu (18/1).

Ia sendiri mengaku kerepotan bila lewat jalan tersebut. Selain tempat kerjanya berada di jalur cepat, ia juga mengatakan terdapat penyempitan jalan tepat di simpang empat Bangkong.

“Itu kan jalannya seperti terbelah karena ada banyak marka, di sisi kiri marka buat belok ke Jalan Ahmad Yani sementara yang kanan malah enggak jelas markanya hanya ditutup beton begitu aja, situasinya tentu jadi enggak efektif,” ungkapnya.

Di sisi lain, keluhan serupa juga datang dari kalangan pengusaha setempat. Beberapa warung makan yang mangkal di Jalan MT Haryono saat ini mengaku mengalami penurunan omzet.

Haji Ikhwan, pemilik sebuah warung makan di Jalan MT Haryono bilang pendapatannya merosot sejak diterapkan lajur searah. Padahal, biasanya pelanggannya tiap hari selalu hilir mudik untuk makan di warungnya. “Sekarang sepi, apalagi jalannya cuma searah, masih ramai yang dulu,” cetusnya.

Saat ini, polisi belum melakukan evaluasi terhadap pemberlakuan jalur searah di lokasi itu. Pihak Satlantas Polrestabes Semarang maupun Dinas Perhubungan masih menunggu masukan dari beberapa pihak terkait selama 100 hari ke depan. (far)