Home > METRO BERITA > Jamin Kenyamanan, Kota Lama bakal Steril Kendaraan Bermotor

Jamin Kenyamanan, Kota Lama bakal Steril Kendaraan Bermotor

METROSEMARANG.COM – Kota Lama Semarang diharapkan bebas kendaraan bermotor. Kawasan Little Netherland di Kota Semarang itu diharapkan ke depan tidak dimasuki oleh kendaraan kecuali sepeda kayuh.

Kota Lama akan menjadi kawasan bebas kendaraan bermotor. Foto: metrosemarang.com/dok
Kota Lama akan menjadi kawasan bebas kendaraan bermotor. Foto: metrosemarang.com/dok

Kalaupun ada bus yang keliling Kota Lama misalnya bus wisata, diharapkan nantinya tidak menggunakan bahan bakar biasa seperti premium. Tetapi bis itu harus menggunakan tenaga listrik.

‘’Jadi masyarakat yang datang bisa bersantai-santai berwisata di Kota Lama,’’ kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada kegiatan Karya Bakti Massal Resik-Resik Kota Lama Semarang, Minggu (13/11).

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Kota Lama bebas kendaraan bermotor sebenarnya memang sudah diamanatkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2003. Tahapan-tahapan untuk merealisasikan hal itu saat ini sedang terus dilakukan.

‘’Dengan adanya pembebasan PKL liar, pembersihan sampah, gubuk-gubuk liar, itu merupakan satu tahap. Berikutnya kami sedang melakukan pembuatan kantong-kantong parkir,’’ katanya yang akrab disapa Ita pada kesempatan yang sama.

Ita menambahkan, setelah penertiban PKL dan pembuatan kantong parkir baru akan dilakukan rekayasa lalu lintas di Kota Lama. Sehingga masyarakat yang datang ke Kota Lama tidak merasa terganggu dan tetap merasa nyaman.

‘’Kami berterimakasih sekali atas dukung dari Gubernur mewakili Pemerintah Provinsi Jateng, yang juga akan membuat kanal-kanal di Sungai Semarang sehingga Kota Lama akan indah sekali,’’ katanya. (duh)