Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Jangan Install Dua Anti Virus Sekaligus, Ini Akibatnya pada Komputer

Jangan Install Dua Anti Virus Sekaligus, Ini Akibatnya pada Komputer

METROSEMARANG.COM – Beberapa orang memasang lebih dari satu anti virus di dalam komputer atau laptop mereka. Hal itu dilakukan dengan dalih agar perlindungan kedua anti virus tersebut bekerja secara bersamaan sehingga memberikan perlindungan ganda bagi komputernya dari serangan virus.

Marketing Director PT Prosperita – ESET Indonesia, Chrissie Maryanto. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Ada juga yang beranggapan, pengguna yang memasang dua anti virus tersebut bertujuan untuk menangkal virus lokal dan virus internasional sehingga pengguna memasang anti virus buatan luar negeri dan buatan Indonesia.

Menurut Marketing Director PT Prosperita – ESET Indonesia, Chrissie Maryanto pemasangan dua anti virus tersebut adalah tindakan keliru. Dia menilai menginstall dua aplikasi anti virus dalam satu komputer justru akan memberatkan kinerja.

“Kedua anti virus tersebut bisa saja malah saling serang. Yang namanya virus itu borderless (tidak terbatas area), jadi semuanya sama tidak terkotak-kotakan oleh asal pembuat virus,” kata dia, Kamis (11/1).

Dia menyarankan agar pengguna komputer memasang satu anti virus saja dalam komputernya. Selain itu, anti virus yang dipasang untuk melindungi komputer haruslah menggunakan lisensi resmi agar perlindungan dapat maksimal. (ade)