Home > METRO BERITA > Janjikan Urus IMB, Oknum Satpol PP Minta ‘Jatah’ Rp 10 Juta

Janjikan Urus IMB, Oknum Satpol PP Minta ‘Jatah’ Rp 10 Juta

METROSEMARANG.COM – Satpol PP Kota Semarang mengakui ada oknum pegawainya yang meminta uang Rp 10 juta pada seorang pengusaha Warung Swike bernama Sugiyo di Jalan Jolotundo Semarang. Oknum tersebut bermodus menjanjikan pengurusan IMB dan izin usaha.

Ilustrasi penertiban Satpol PP. Foto: metrosemarang.com/dok

Kabid Sosialisasi dan Penegakkan Perda Satpol PP Kota Semarang Aniceto Magno da Silva, membenarkan adanya hal tersebut. Dikonfirmasi wartawan, Rabu (25/1), Aniceto menyatakan sedang melakukan pemeriksaan kepada oknum tersebut untuk dimintai keterangan. ”Saya tahunya setelah penertiban Warung Swike pada Senin (23/1),” katanya.

Dia mengatakan oknum tersebut biasa dipanggil dengan Bedhur, yaitu sebagai staf di Satpol PP. Namun dia tidak mau menyebutkan secara lebih jelas identitas oknumnya. Hasil pemeriksaan internal masih belum bisa diketahui. Namun jika terbukti pasti diberikan sanksi dari atasannya.

”Kami menunggu proses pemeriksaan dan hasil rapat dari para pimpinan. Sanksinya dipecat atau tidak itu ranah atasan,” katanya.

Dia mengaku menyesalkan adanya tindakan oknum Satpol PP yang berani minta sejumlah uang tersebut. Sebab sebagai penegak Perda seharusnya memberikan contoh dan mengayomi. Bukan meminta apalagi menipu dengan menjanjikan bisa mengurus perizinan usaha dan IMB. (duh)