Home > METRO BERITA > Jarak Pandang Terbatas, Lima Pesawat Berputar-putar di Langit Semarang

Jarak Pandang Terbatas, Lima Pesawat Berputar-putar di Langit Semarang

METROSEMARANG.COM – Lima pesawat terbang terpaksa berputar-putar (holding) di langit Kota Semarang seiring terbatasnya jarak pandang di landasan pacu (runway) Bandara Internasional Ahmad Yani.

Bandara Ahmad Yani Semarang Foto: metrosemarang.com/dok
Bandara Ahmad Yani Semarang
Foto: metrosemarang.com/dok

General Manager and Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Dian Purnama Sari mengatakan kelima pesawat itu berasal dari maskapai penerbangan yang berbeda-beda.

“Yang pertama ada pesawat milik Citilink, lalu Airasia, Garuda Indonesia bernomor lambung 232, Lion Air bernomor lambung 504 dan Garuda Indonesia lagi bernomor lambung 368,” ungkap Dian di kantornya, Jumat (30/9) sore.

Ia yang saat ini masih mendata jumlah penumpang di lima pesawat itu menegaskan bahwa kelimanya kini berhasil mendarat mulus di runway bandara setelah berputar-putar selama beberapa menit.

Menurutnya, cuaca buruk dilaporkan petugasnya sempat melanda Bandara Ahmad Yani sekitar pukul 08.35 WIB-09.30 WIB. Jarak pandang yang terbatas memang mengganggu aktivitas penerbangan.

“Tapi pukul 09.35 WIB satu persatu pesawatnya akhirnya bisa mendarat dengan lancar,” jelas Dian.

Ia pun mengakui bila cuaca di Semarang sejak seminggu terakhir memang kurang baik. Disinggung soal genangan air di runway yang mengganggu landing pesawat, ia mengatakan sejauh ini belum terpengaruh.

“Itu enggak masalah,” terang Dian, seraya menambahkan kalau sejauh ini aktivitas penerbangan rute Semarang-Denpasar PP dan Semarang-Surabaya PP juga masih normal walaupun Gunung Rinjani dan Barujari sedang meletus.

“Penerbangan ke jalur timur masih lancar. Belum ada gangguan apapun,” pungkasnya. (far)