Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Jateng Kekurangan 2 Juta Blangko e-KTP

Jateng Kekurangan 2 Juta Blangko e-KTP

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan masih kekurangan 2 juta lembar blangko e-KTP. Kondisi tersebut, membuat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mencukupi kebutuhan blangko e-KTP di wilayahnya.

Proses rekam data e-KTP. Foto: metrosemarang.com/dok
Proses rekam data e-KTP. Foto: metrosemarang.com/dok

“Untuk Jateng masih kurang 2 juta blangko e-KTP. Tapi, kalau minta ke pusat pasti dikasihnya sedikit-sedikit. Itu yang membuat tidak efektif dan tidak bisa memenuhi kebutuhan permintaan dari masyarakat,” ungkap politikus PDIP tersebut, Rabu (24/8).

Ia pun mengaku geram atas kondisi itu, mengingat Kemendagri tak maksimal menggelontorkan blangko e-KTP di tiap daerah. Padahal, menurutnya pola pendistribusian blangko e-KTP bisa dikoordinir langsung dari tiap provinsi. Dengan kata lain, saat daerah mengalami kekurangan maka dapat terlayani dengan baik.

“Nanti, kalau perlu saya buatkan sistem kontrolnya agar pendistribusian blangko e-KTP bisa berjalan transparan,” katanya.

Ia bilang, opsi terbaik untuk mengatasi kekurangan blangko e-KTP yang mencapai 2 juta lembar itu yakni dengan meminta Disdukcapil untuk mendata kebutuhan di tiap kabupaten/kota. Pendataan kekurangan blangko, kata Ganjar harus dikerjakan menyeluruh agar valid.

Petugas Disdukcapil di tiap daerah pun diharapkan agar mau jemput bola ke warganya. “Terlebih lagi, ini menjelang Pemilu. Jadi, warga butuh identitas. KTP kan juga butuh untuk melakukan proses adminstrasi bagi mereka,” katanya lagi. (far)