Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Jateng Pasok 2 Ribu Ton Beras ke Kalimantan

Jateng Pasok 2 Ribu Ton Beras ke Kalimantan

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pagi tadi, Jumat (2/9), melepas proses pengiriman 2 ribu ton beras sebagai bantuan pasokan makanan ke Kalimantan. Pengiriman beras sebanyak itu memakai Kapal Meratus Katingan bernomor lambung IMG 9780342 dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Gubernur Ganjar Pranowo memantau proses pengiriman beras ke Kalimantan melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (2/9) pagi. Foto: metrosemarang.com/twitter @Sinoeng69
Gubernur Ganjar Pranowo memantau proses pengiriman beras ke Kalimantan melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (2/9) pagi. Foto: metrosemarang.com/twitter @Sinoeng69

Bantuan beras itu mula-mula dimasukan oleh petugas Bulog ke dalam kontainer sebelum dikapalkan ke daratan Borneo. Ganjar bangga karena para petani Jateng mampu mempertahankan predikat lumbung beras nasional.

Selain ke Kalimantan, Ganjar juga menyatakan masih ada 12 ribu ton beras yang dikirim ke luar Jawa Tengah untuk pemenuhan bahan pangan selama tahun ini.

“Pengirimannya 12 ribu ton. Kalau ada yang minta lagi boleh. Berasnya dipasok dari Sragen, Sukoharjo, Grobogan dan Demak,” katanya.

Saat panen tahun depan, ia juga akan memasok kekurangan beras ke Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat,  Aceh, Riau hingga Sumatra Barat. Ia berharap, beras yang melimpah di Jateng mampu mengendalikan laju inflasi yang tak menentu saat ini.

Kepala Rumah Tangga Rumdin Gubernur Jateng Hatta Hatnansya Yunus mengatakan Ganjar berangkat dari kediamannya di Puri Gedeh Jalan Gubernur Boediono Gajahmungkur pukul 06.00 WIB.

Lalu, rombongan Ganjar langsung menuju dermaga pelabuhan. “Begitu Gubernur datang, langsung diberangkatkan,” tutupnya. (far)