Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Jateng Siapkan Rp 21 Triliun untuk Perbaikan Infrastruktur

Jateng Siapkan Rp 21 Triliun untuk Perbaikan Infrastruktur

Jalur Pantur padat pada masa mudik Lebaran tahun ini, imbas amblesnya Jembatan Comal. Foto Metro
Jalur Pantur padat pada masa mudik Lebaran tahun ini, imbas amblesnya Jembatan Comal. Foto Metro

TEMANGGUNG – Musim mudik baru saja usai, namun Pemprov Jateng mulai serius mempersiapkan tradisi tahunan tersebut untuk edisi 2015. Dana Rp 21 triliun siap dikucurkan untuk perbaikan infrastruktur demi kenyamanan pemudik.

Gubernur Ganjar Pranowo mengakui, pada masa mudik tahun ini masih banyak kekurangan. Amblesnya Jembatan Comal menjadi penyebabnya. Dia mengakui, amblesnya jembatan itu mengakibatkan arus lalu lintas banyak mengalami hambatan.

“Saya banyak mendapat komplain dari masyarakat. Kita harus belajar dari Comal. Untuk itu, mudik tahun depan sudah harus kita persiapkan sejak dari sekarang,” katanya, di Kantor Bank Jateng Cabang Temanggung, Selasa (5/8).

Ganjar meminta semua jalur mudik harus dicek, baik jalur utama maupun jalan alternatif. Selain itu, kata dia, semua jembatan dan jalan juga harus diaudit setiap menghadapi event besar seperti masa mudik Lebaran.

Sebagai bentuk keseriusan membuat arus mudik 2015 lebih lancar dan nyaman, Ganjar akan mengalokasikan Rp 2,1 triliun pada APBD 2015 untuk perbaikan infrastruktur. Dia berharap setiap kabupaten kota juga meningkatkan anggaran infrastruktur. “Dengan kerja bareng maka setiap jalan di provinsi ini akan mulus dan mampu menjadi daya ungkit ekonomi,” tandasnya.

Dalam perjalanan ke Temanggung, Ganjar sengaja lewat Bandungan-Sumowono sebagai jalur alternatif ke Temanggung. Jalan provinsi itu menurutnya sudah cukup bagus, kecuali ruas masuk Temanggung yang masih harus dilebarkan. (MS-08)