Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Jatuh Cinta Bikin Susah Fokus, Ini Sebabnya

Jatuh Cinta Bikin Susah Fokus, Ini Sebabnya

image
Ilustrasi

JATUH cinta membuat seseorang susah fokus pada tugas yang ada di depannya. Apakah Anda setuju pada pernyataan ini?

Ya, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Motivation and Emotion, jatuh cinta membuat seseorang kesulitan mengendalikan kognisi mereka.

Dalam penelitian ini, 43 partisipan yang diteliti adalah mereka yang memiliki hubungan percintaan selama 6 bulan terakhir. Mereka diminta untuk mengerjakan beberapa tugas yang informasinya meragukan maupun tidak relevan. Para peneliti menemukan bahwa semakin seseorang jatuh cinta, semakin dia kesulitan untuk menyelesaikan tugasnya. Dengan kata lain, seseorang yang sedang kasmaran cenderung kurang mampu mengendalikan kemampuan otak kiri mereka.

Namun, belum bisa dipastikan apakah cinta yang membuat pengendalian otak kiri berkurang, ataukah seseorang yang memang memiliki pengendalian kognisi yang kurang yang cenderung lebih bergairah dalam percintaan.

Para peneliti percaya, efek jatuh cinta ini akan berkurang seiring berjalannya waktu, terutama jika hubungan yang dibina berjalan dengan romantis dan lancar.

Dalam penelitian sebelumnya tentang hubungan percintaan jangka panjang, disimpulkan bahwa pengendalian kognisi yang baik dibutuhkan dalam mengelola hubungan jangka panjang. Sebagai contoh, seseorang membutuhkan pengendalian kognisi untuk mencegah mereka tergoda pada orang lain yang lebih menarik dari pasangannya. (ren)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link