Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Imlek Semarang > Jelang Imlek, Klenteng Budi Luhur Sakti Gelar Upacara Poo Un

Jelang Imlek, Klenteng Budi Luhur Sakti Gelar Upacara Poo Un

METROSEMARANG.COM – Menjelang Hari Raya Imlek atau Tahun Baru Cina 2568, Klenteng Budi Luhur Sakti Semarang akan menggelar upacara Poo Un. Dalam tradisi masyarakat Tionghoa upacara Poo Un diyakini sebagai ritual tolak bala atau sial dan sebagai permohonan kebaikan untuk tahun mendatang.

Replika kapal Naga yang akan dibakar saat upacara Poo Un. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Ya nanti jemaat yang ikut Poo Un biasanya berdoa buat harapan kebaikan di tahun 2017, semoga cita-cita di tahun ini tercapai,” ujar Tan Giok Lee, selaku Ketua Panitia Poo Un, Sabtu (7/1).

Poo Un akan dilaksanakan pada hari ini, Minggu (8/1). Acara tersebut akan dimulai pada pukul 09.00 dengan diawali doa-doa dan berakhir pada pukul 15.00 yang ditutup dengan pembakaran replika kapal naga.

Replika kapal naga sepanjang 5 meter memang selalu hadir dalam acaa Poo Un yang diselenggarakan di Klenteng Budi Luhur Sakti Semarang. Replika kapal tersebut dibuat dari rangkaian kayu kemudian ditutup dengan kertas yang kemudian dilapisi dengan cat.

Kapal ini digunakan sebagi lambang kendaraan yang membawa tolak bala kepada dewa sehingga doa-doa para jemaat dapat terkabul. “Kapal ini kan nantinya dibakar, disaksikan sama semua panitia semua pengurus Klenteng Budi Luhur ini dan para jemaat yang datang,” tutup Tan Giok Lee. (fen)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link