Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Jelang ke Wamena, Eko Fokus Benahi Organisasi Pertahanan

Jelang ke Wamena, Eko Fokus Benahi Organisasi Pertahanan

Organisasi pertahanan menjadi fokus pembenahan pelatih Eko Riyadi. Foto Metrosemarang
Organisasi pertahanan menjadi fokus pembenahan pelatih Eko Riyadi. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Buruknya koordinasi di barisan pertahanan menjadi salah satu titik lemah PSIS saat diimbangi PSS 2-2, akhir pekan kemarin. Sebelum bentrok kontra Persiwa Wamena, pelatih Eko Riyadi pun terus memoles organisasi pertahanan Fauzan Fajri dkk.

Dalam latihan terakhir sebelum bertolak ke Wamena, Senin (6/10) pagi, Eko fokus membenahi cara bertahan anak buahnya. Tak ada sesi game. Latihan dibagi menjadi dua grup. Barisan striker ditangani Dwi ‘Londo’ Setiawan, sedangkan gelandang dan bek di bawah kendali Eko Riyadi.

Eks pembesut Persitema itu menekankan pada pergerakan dan posisi pemain saat mendapat tekanan dengan menerapkan shadow play. Eko ingin anak asuhnya terus memberi tekanan pada lawan. “Saya ingin mematangkan transisi dari menyerang ke bertahan. Tadi, saya fokus dengan shadow play, sehingga pemain akan bergerak pada posisi yang sesuai untuk menyempurnakan skema zonal marking,” katanya kepada metrosemarang.com.

Meladeni Persiwa, Eko ingin anak asuhnya bisa bermain efektif dan lebih sabar. Maklum, dengan kadar oksigen tipis di Wamena, menuntut fisik pemain dalam kondisi prima. “Melawan Persiwa, kami tak boleh melakukan kesalahan yang sama seperti saat bertemu Sleman. Sedikit saja lengah, lawan akan menghukum kami dengan gol. Ini yang harus diwaspadai anak-anak, termasuk antisipasi bola-bola mati,” tutur pelatih 46 tahun tersebut.

Eko menegaskan, dirinya tetap akan mempertahankan skema 4-2-3-1 yang selama ini sudah biasa digunakan PSIS. “Skema masih tetap sama, 4-2-3-1, mungkin hanya temponya saja yang berbeda. Soal siapa yang diturunkan, kita lihat saja kondisi terakhir dari para pemain,” pungkas dia. (*)