Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Jelang Pilgub Jateng, Bawaslu Kebut Pendataan DPT

Jelang Pilgub Jateng, Bawaslu Kebut Pendataan DPT

METROSEMARANG.COM – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sedang mengebut pendataan warga Jawa Tengah untuk dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Bawaslu Jateng, Fajar Subhi saat bertemu awak media di kantornya, Kamis (7/12). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Ketua Bawaslu Jateng Fajar Subhi, mengatakan untuk tahapan DPT, dirinya masih menunggu hasil verifikasi final dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasalnya, dari indeks kerawanan pemilu (IKP) diketahui bahwa tingkat partisipasi pemilih di Jateng rendah. “Hanya ada 60 persen saja,” ujar Fajar, Kamis (7/12).

Ia menjelaskan rendahnya partisipasi masyarakat akibat belum terdata dalam e-KTP. Ini, katanya menjadi persoalan serius jika tidak diawasi.

“Pengawasan masih standar, karena belum masuk pada pengumuman Paslon oleh KPU,” bebernya.

Ia mendorong kepada Disdukcapil tiap kabupaten/kota untuk lekas mengakomodir warga yang belum terekam e-KTP. Saat ini terdapat tiga persen warga Jateng yang belum terekam e-KTP.

“Padahal, DPT juga basisnya dari pemilihan terkahir. Jangan sampai pada hari H pemilihan, ada warga yang berhak memilih tapi dihilangkan haknya karena belum memiliki e-KTP,” tegasnya. (far)

Tinggalkan Balasan