Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Johar Makin ‘Pedas’

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Johar Makin ‘Pedas’

Harga cabai merah di Pasar Johar terus merambat naik jelang Ramadan. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Harga cabai merah di Pasar Johar terus merambat naik jelang Ramadan. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

SEMARANG – Dua hari mendekati Bulan Ramadan, harga cabai di Pasar Johar kian merambat naik. Lonjakan harga cabai di pasar tradisional tertua Kota Semarang itu terjadi sejak tiga hari terakhir.

Pantauan metrosemarang.com Senin (15/6) pagi, pedagang setempat telah menjual cabai rawit setan seharga Rp 22 ribu perkilogram atau naik Rp 7.000 dari semula hanya Rp 15 ribu.

Cabai merah keriting, saat ini juga melonjak menjadi Rp 35 ribu, cabai merah besar naik Rp 30 ribu dari semula masih berkisar pada angka Rp 25 ribu perkilogram dan cabai hijau besar seharga Rp 18 ribu perkilogram.

“Rata-rata sudah naik sejak tiga hari terakhir. Cabai merah keriting misalnya naik Rp 5-7 ribu dari sebelumnya hanya Rp 35 ribu,” ujar Jumiyati, pedagang cabai di lantai dasar Pasar Johar.

Lonjakan harga cabai, kata dia, dipicu ketersediaan barangnya semakin menipis. Bahkan, ia mengaku sempat tidak memperoleh pasokan cabai dari distributor. Jumiyati biasanya dapat kiriman cabai dari Ambarawa dan Wonosobo.

“Saya sekarang cuma dapat kiriman 1,5 kuintal. Sekarang dapat kiriman sedikit. Padahal biasanya kirimannya sangat banyak,” akunya.

Pedagang cabai di Pasar Johar memperkirakan, naiknya harga cabai bakal terjadi hingga Lebaran tiba. “Kalau di sini barangnya sudah ada tapi memang kalau pas mau Ramadan atau Lebaran biasanya selalu naik. Ini nanti akan naik terus sampai puasa,” imbuh Lestari pedagang cabai di lantai II Pasar Johar. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link