Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Jembatan Comal Selatan Diperbaiki Mulai Besok, Arus Lalin Dialihkan

Jembatan Comal Selatan Diperbaiki Mulai Besok, Arus Lalin Dialihkan

image
Sisi selatan Jembatan Comal bakal mulai dibongkar, Rabu (6/8) besok. Foto Metro

SEMARANG – Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang akan diperbaiki total mulai Rabu (6/8) besok. Perbaikan akan dilaksanakan untuk sisi selatan dahulu dengan konstruksi tiang pancang. 

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Bambang Nugroho mengatakan, pengerjaan perkuatan Jembatan Comal akan dilakukan secara bertahap yakni dimulai dari sisi sebelah selatan (Semarang-Jakarta) baru kemudian sisi utara (Jakarta-Semarang). 

“Di bagian barat Jembatan Comal sisi selatan akan dilakukan perkuatan dengan konstruksi pancang tiang beton untuk menggantikan yang lama,” kata Bambang, Selasa (5/8).

Ia menjelaskan bahwa desain konstruksi untuk perkuatan Jembatan Comal sudah dikerjakan oleh Direktorat Bina Teknik Bina Marga pusat. Untuk perbaikan serta memperkuat konstruksi, ‘oprit’ Jembatan Comal yang saat ini menggunakan ‘armco’ dan tanah ‘urugan’ akan diganti dengan perkuatan model tiang pancang sepanjang 20 meter.

Sementara pengerjaan berlangsung, arus lalu lintas akan dialihkan ke jalur alternatif. “Lalu lintas akan dialihkan ke jalur-jalur alternatif seperti Pejagan, Prupuk, dan Pemalang seperti saat ini,” katanya.

Menurut Bambang, perbaikan ini ditargetkan sebagai antisipasi jangka menengah. Untuk jangka panjangnya Jembatan Comal akan diruntuhkan dan diganti yang baru.(MS-08)