Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Jihad Selfie, Mencegah Remaja Indonesia Bergabung dengan ISIS

Jihad Selfie, Mencegah Remaja Indonesia Bergabung dengan ISIS

METROSEMARANG.COM – Film Jihad Selfie besutan sutradara Noorhuda, mulai diputar di kota-kota besar di Indonesia untuk menyebarkan metode pencegahan pola perekrutan kader ISIS yang menyasar para remaja. Di Semarang, film tersebut diputar pada Selasa siang (26/7), di kantor Kesbangpolinmas Jawa Tengah.

Pemutaran film Jihad Selfie di kantor Kesbangpolinmas Jawa Tengah, Selasa (26/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Pemutaran film Jihad Selfie di kantor Kesbangpolinmas Jawa Tengah, Selasa (26/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Tengku Akbar Maulana, aktor utama dalam film tersebut dihadirkan di lokasi pemutaran film. Ia mengaku nyaris direkrut oleh ISIS saat masih berada di Turki. “Waktu itu, saya tanpa sengaja bertemu di sebuah warung kebab. Lagi nunggu teman, tiba-tiba datang orang yang mengaku dari Indonesia yang cirinya dia memakai jeans. Dari situlah, kita berkenalan,” ujarnya.

Akbar, sapaan akrabnya mengingat waktu itu usianya baru menginjak 17 tahun. Usia yang relatif muda buat remaja seusianya untuk tinggal di negeri orang. “Saya kebetulan lagi galau karena baru 17 tahun. Akhirnya, dibujuklah saya agar mau menyeberang ke Suriah. Sampa suatu ketika saya batal pergi karena ingat dengan ibu saya di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Budiyanto, Kepala Bidang Ideologi dan Kewaspadaan Kesbangpolinmas Jateng menambahkan, alur cerita yang diungkapkan Akbar barusan jadi acuan bahwa pola perekrutan kader ISIS kini telah merambah ke kalangan remaja. Ia bahkan yakin Indonesia sebagai negara Islam terbesar di dunia jadi sasaran empuk untuk melakukan kaderisasi.

“Sehingga, tugas kita harus mewaspadai kalau ada gelagat mencurigakan yang mengancam kehidupan negara harus dilaporkan ke pihak berwajib dan Babinkamtibnas,” bebernya. (far)