Home > Berita Pilihan > Jokowi Ajak Netizen Hentikan Konten Provokasi

Jokowi Ajak Netizen Hentikan Konten Provokasi

METROSEMARANG.COM – Dalam kunjungannya ke Kota Semarang, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengundang netizen jadi tiga kota, yaitu Semarang, Solo dan Yogyakarta di Ballroom Hotel Gumaya, Senin (14/11) malam. Pertemuan dilangsungkan secara tertutup tanpa adanya alat perekam maupun kamera.

Presiden Jokowi bertemu netizen di Hotel Gumaya, Senin (14/11) malam. Foto: mettosemarang.com/istimewa
Presiden Jokowi bertemu netizen di Hotel Gumaya, Senin (14/11) malam. Foto: mettosemarang.com/istimewa

Presiden Jokowi meminta kepada netizen untuk mengingat apa saja yang terjadi dalam waktu empat pekan terakhir di dunia maya. “Beberapa waktu belakangan kita disuguhkan adegan provokasi, saling fitnah, saling hujat, saling benci yang mana ini tidak sesuai dengan tata nilai bangsa Indonesia yang terkenal santun,” kata dia.

Media sosial yang saat ini berisi kebencian tersebut dinilainya mampu menjadi pemicu perpecahan antar masyarakat. Presiden meminta para netizen yang hadir di pertemuan tersebut untuk mengembalikan warna sosial media menjadi ceria, inspiratif dan mampu mengedukasi masyarakat.

Pemerintah dirasa tidak bisa bekerja sendiri menghentikan konten provokasi tersebut. Tercatat, lebih dari 770.000 situs internet yang sudah di-block oleh Pemerintah namun pembuat konten provokasi maupun hal-hal negatif terus bermunculan.

“Mari kita jaga bersama keutuhan NKRI. Pemerintah tidak takut kepada siapapun yang memgancam keutuhan NKRI. Yang harus disadari adalah Indonesia ini beragam, banyak suku, agama, budaya. Jadikan keberagaman ini menjadi berkah, bukan pemicu perpecahan,” tukasnya. (ade)