Home > Berita Pilihan > Jokowi Ingatkan Netralitas Polri pada Pilkada Serentak 2018

Jokowi Ingatkan Netralitas Polri pada Pilkada Serentak 2018

METROSEMARANG.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi ingin kepolisian bersikap netral saat melakukan pengamanan pilkada serentak 2018 nanti. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Apel Kasatwil 2018 di Akademi Kepolisian, Semarang, Senin (9/10).

Presiden Jokowi saat menghadiri Apel Kasatwil 2018 di Akademi Kepolisian, Semarang, Senin (9/10). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Karena pasti tensinya naik, apalagi kalau sudah mendekati masa kampanye, tugas kita harus bisa mengendalikan situasi tersebut,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada Polri untuk mempersiapkan berbagai upaya pengamanan. Seperti alternatif pengamanan jika terjadi pergeseran sehingga bisa dilakukan tindakan preventif.

“Plan A, plan B, plan C, plan D, bahkan plan E harus sudah ada,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan agar Polri bisa memetakan wilayah mana saja yang berpotensi terjadi peningkatan suhu politik. Bahkan ia juga meminta untuk memetakan secara detail sumber-sumber yang diperkirakan akan melakukan provokasi.

“Dipetakan siapa mau melakukan apa, intelijen kita harus mempunyai data komplit soal ini, jangan setelah kejadian kita bingung mencari air untuk memadamkan,” pungkasnya. (fen)