Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Jokowi Ingin KIK Prioritaskan Warga Kendal

Jokowi Ingin KIK Prioritaskan Warga Kendal

METROSEMARANG.COM – Presiden Joko Widodo meminta Kawasan Industri Kendal (KIK) memberi prioritas pada warga Kendal dan Jawa Tengah dalam menyerap tenaga kerja. Dengan demikian, proyek bilateral Indonesia dan Singapura ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong meresmikan KIK, Senin (14/11). Foto: metrojateng.com
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong meresmikan KIK, Senin (14/11). Foto: metrojateng.com

Penegasan ini diungkapkan Jokowi saat meresmikan KIK, Senin (14/11) sore bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. “Manfaat bagi masyarakat yang dimaksudkan adalah penyerapan tenaga kerja diprioritaskan warga Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah pada khususnya,” katanya.

Pembangunan KIK merupakan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Singapura dan terus dikembangkan. KIK lanjut Presiden Joko Widodo, telah ditetapkan sebagai kawasan industri prioritas.

“Pemerintah akan mengupayakan pembangunan infrastruktur untuk menunjang kawasan industri ini dengan menyelesaikan pembangunan jalan tol Pemalang-Batang dan jalan tol Batang-Semarang,” lanjutnya.

Sementara itu PM Singapura, Lee Hsien Loong menyambut gembira kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Singapura melalui pembangunan kawasan industri ini.

Peresmian KIK, park by the bay ditandai penekanan tombol secara bersamaan antara presiden Indonesia dan perdana menteri Singapura. Selain itu juga ditanda tangani kesepakatan kerjasama dengan sejumlah perusahaan besar baik dari Indonesia maupun luar negeri untuk membangun pabrik di KIK.

Kawasan Industri Kendal terletak di jalur lingkar Kaliwungu dan tahap pertama pembangunannya mencapai 32 hektare. “Di Jawa Tengah sendiri setidaknya ada delapan kawasan industri dan kawasan industri kendal terintegrasi dengan pelabuhan dan bandara internasional,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (metrojateng.com/MJ-01)