Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Jurnal Ilmiah Online Unnes Setara Oxford

Jurnal Ilmiah Online Unnes Setara Oxford

image

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) terus mengembangkan pengelolaan jurnal ilmiah online dalam upaya menjadi world class university. Saat ini, jumlah jurnal terbitan Unnes yang mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) juga semakin bertambah.

Teranyar adalah Jurnal Kesehatan Masyarakat yang baru saja mendapat akreditasi nasional dari Dirjen Dikti. Direktorat mengumumkannya melalui Surat Keputusan Nomor 212/P/2014, tertanggal 3 Juli 2014. Sebelumnya, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Jurnal Paramita, dan Jurnal Komunitas sudah lebih dulu menyandang predikat serupa.

“Ini sebuah prestasi yang membanggakan dan semoga bisa memacu jurnal-jurnal lain untuk meningkatkan kualitasnya. Saat ini, sistem online yang dibangun Unnes tak kalah dengan Oxford, Cambridge atau Routledge Journals. Pembenahan akan terus kami lakukan,” kata Koordinator Pengembang Jurnal Unnes, Yasir Alimi PhD.

Yasir menambahkan, saat ini sudah lebih dari 100 jurnal Unnes telah dikelola Unnes Journal secara online. Dapat diakses terbuka melalui Public Knowledge Project. Di antaranya,  ada 20 jurnal yang sudah masuk dalam indeks Google Scholar, empat jurnal masuk indeks Directory of Open Access Journals (DOAJ). Tiga di antaranya sudah mendapat Digital Object Identifiers (DOI) dari Crossref.

“Budaya akademik kita semakin hari semakin baik. Kerja keras tim pengembang jurnal dan para editor menunjukkan hasil yang baik. Mudah-mudahan jurnal-jurnal lain segera menyusul,” imbuh Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman. (MS-06)