Home > METRO BERITA > Kabur ke Semarang, Polisi Amankan Truk Pengangkut Kayu Ilegal

Kabur ke Semarang, Polisi Amankan Truk Pengangkut Kayu Ilegal

METROSEMARANG.COM – Aparat Kepolisian Sektor Tugu Semarang meringkus sebuah truk pengangkut belasan kayu ilegal (illegal logging) yang mencoba kabur ke Semarang. Polisi akhirnya mengamankan truk tersebut saat berada di depan Terminal Mangkang Jumat (21/10) pagi.

Ilustrasi
Ilustrasi

Namun, menurut Kapolsek Tugu Kompol Suwarto sang sopir kabur saat akan dibekuk petugasnya.

Ia mengatakan semula mendapati truk ilegal logging dari Polsek Limpung di Batang. Saat itu, truk bernomor polisi H 1353 PE yang mengangkut kayu jati curian kabur ke arah Semarang.

”Saat itu, petugas melihat ada truk kuning dengan plat nomor sesuai yang diinformasikan oleh Polsek Limpung di depan terminal. “Setelah didekati sopirnya kabur sehingga kami menyita truknya,” ungkap Suwarto.

Polisi mendapati 12 potong kayu ilegal sepanjang 3 meter. Adapun kayu jati tersebut berdiameter antara 30-50 centimeter. Ia menaksir negara dirugikan sampai Rp 20 juta akibat aksi pembalakan kayu tersebut.

Selain itu, lanjut Kapolsek, untuk nomor polisi truk diduga juga menggunakan nomor palsu. Karena itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan petugas Satlantas. (far)