Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > KAI Jual Tiket Ambarawa Express Rp 80 Ribu

KAI Jual Tiket Ambarawa Express Rp 80 Ribu

METROSEMARANG.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akhirnya mengoperasikan kereta jarak jauh kelas Ekonomi AC Ambarawa Express pada Selasa (4/10). Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang Andika Tri Putranto pun menyatakan harga tiket jurusan Semarang Poncol-Stasiun Turi Surabaya itu dijual Rp 80 ribu per lembar.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

“Harga terjauh untuk layanan ini Rp 80 ribu,” kata Andika di Stasiun Poncol, Selasa (4/10).

Ambarawa Express, menurutnya berangkat tepat pukul 07.00 WIB dan tiba di Surabaya pukul 11.55 WIB. Ada sebanyak 640 kursi di delapan gerbong ekonomi AC.

Namun, ia bilang keistimewaan Ambarawa Express terletak pada lokomotifnya yang ditarik memakai tenaga mesin baru dengan berkecepatan lebih tinggi.

Kalau dahulu kereta sering ditarik memakai mesin KRB, maka pada kereta tersebut mesinnya diperbaharui.

Keberadaan Ambarawa Express menjadi pelengkap dari layanan serupa yang dilakukan Sembrani dengan rute yang sama. Blora Jaya dan Cepu Express pun dihentikan operasionalnya dan digantikan Ambarawa Express.

“Ini jadi pelayanan lebih, di samping kapasitas yang lebih besar,” paparnya dia.

Kepala Dishubkominfo Jateng Satrio Hidayat menilai Ambarawa Express jadi layanan alternatif bagi masyarakat yang mau ke Blora, Bojonegoro maupun Surabaya.

“Saya kira daya beli ini banyak, karena dengan hadapan orang yang bekerja di Surabaya mampu beraktivitas, bisa sering ketemu keluarga,”. (far)