Home > Berita Pilihan > Kampanye Jamban, Ikhmal akan Jalan Kaki 17 Hari ke Jakarta

Kampanye Jamban, Ikhmal akan Jalan Kaki 17 Hari ke Jakarta

METROSEMARANG.COM – Ikhmaludin tampak bergegas mengenakan rompi oranye bersama teman-temannya saat singgah di Restoran Semarang Jalan Pemuda, Jumat (29/7) siang. Ia mengaku tengah mematangkan persiapan untuk mengampanyekan program sanitasi bersih yang sedang digalakkan bersama ratusan relawan lainnya.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Biar kampanye jambanisasi mengena ke masyarakat, saya akan pakai rompi ini lalu jalan kaki menuju Jakarta pada Senin pagi, 1 Agustus,” katanya kepada¬†metrosemarang.com.

Ikhmal, sapaan karibnya mengatakan sudah saatnya rakyat Indonesia punya sanitasi bersih sehingga kesehatan tiap warga dapat terjaga dengan baik.

Saat kampanye jambanisasi nanti, ia akan menyusuri tiap daerah di Pantura Jateng. Mulai Kendal, Batang, Pekalongan hingga Brebes akan ia sambangi satu persatu sembari menyosialisasikan pentingnya punya jamban di tiap rumah.

“Lagipula, saya juga pernah jalan kaki cuma ditemani tiga orang ke Jakarta. Untuk Senin besok, saya akan jalan kaki selama 17 hari dan tiba di Istana Negara tepat saat Hari Kemerdekaan Indonesia,” ungkap pria Pemalang itu.

Ia nantinya ingin menemui Presiden Jokowi untuk meminta support menggalakan program jambanisasi di seluruh pelosok Tanah Air.

“Kita ingin mengetuk nurani Pak Presiden untuk berperan aktif mengampanyekan jamban bersih, sehingga kita dapat memerdekakan masyarakat Indonesia dari pengelolaan sanitasi yang buruk,” tuturnya. (far)