Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Kampanyekan ‘Malu Mark Up Malu Cap Palsu’, Tim Adhikarya Juara FIK 2016

Kampanyekan ‘Malu Mark Up Malu Cap Palsu’, Tim Adhikarya Juara FIK 2016

METROSEMARANG.COM – Penganugerahan pemenang Festival Integritas Kampus (FIK) 2016 digelar di Aula FISIP Undip, Gedung A lantai 3, Rabu (16/11). Setelah melalui tahap seleksi, pitching, implementasi dan monitoring, serta evaluasi akhir, tim Adhikarya lolos sebagai juara pertama.

Penganugerahan penghargaan Festival Integritas Kampus di FISIP Undip, Rabu (16/11). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Penganugerahan penghargaan Festival Integritas Kampus di FISIP Undip, Rabu (16/11). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Mengusung tema Akuntabilitas Anggaran Kegiatan Mahasiaswa, Christo Christian dkk mengajak mahasiswa untuk jujur dalam pelaporan anggaran belanja kegiatan. Menurutnya marak praktik mark up anggaran yang dilakukan mahasiswa dengan membuat stempel atau cap palsu pada nota-nota anggaran belanja mahasiswa.

“Banyak mahasiswa yang bikin cap palsu untuk menyamakan pengeluaran dengan anggaran dalam LPJ (laporan pertanggungjawaban) atau SPJ (surat pertanggungjawaban),” bebernya.

Ia mengaku timnya melakukan kampanye selama enam minggu di sebelas fakultas yang ada di Undip. Nama proyek kampanye mereka juga cukup unik yaitu ‘Malu Mark Up, Malu Cap Palsu’.

Mereka mengemas kampanyenya dengan model stand up comedy. Cara ini, kata dia cukup ampuh untuk dapat menyindir para mahasisa pelaku mark up anggaran.

“Dengan stand up bisa menyindir, tapi yang disindir itu tidak tersinggung karena dibalut dengan unsur komedi,” ujarnya.

Proses pengerjaan display untuk kampanye sendiri memakan waktu hingga tiga minggu. Atas prestasinya tersebut, tim Adhikarya berhak mendapat hadiah Rp 15 juta.

FIK 2016 merupakan salah satu terobosan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendorong gerakan antikorupsi di lingkungan kampus. Selain Undip, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Brawijaya Malang. (vit)