Home > METRO BERITA > KULINER > Kampoeng Rawa Berbenah Jelang Lebaran

Kampoeng Rawa Berbenah Jelang Lebaran

image
Keramaian di objek wisata Kampoeng Rawa diprediksi bakal meningkat 100 persen saat Lebaran. Foto Metro

AMBARAWA- Pengelola objek wisata Kampoeng Rawa mulai berbenah menyambut lonjakan pengunjung saat perayaan Lebaran mendatang. Tak hanya perbaikan sejumlah wahana permainan, area parkir juga akan ditambah.

Manajer Kampoeng Rawa, Agus Sumarno mengatakan, menyambut mudik Lebaran pihaknya membuat rest area (tempat istirahat) bagi pemudik. Selain area parkir yang menampung sedikitnya 400 mobil kecil dan 20 bus. Pihaknya juga menambah jumlah personel juru parkir dan satuan pengamanan untuk antisipasi adanya tindak kejahatan.

Agus memerkirakan pada musim libur Lebaran jumlah pengunjung di Kampoeng Rawa yang berada di desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa akan melonjak drastis. Apalagi Kampoeng Rawa juga kerap dijadikan tempat istirahat para pemudik yang melintas Jalan Lingkar Ambarawa (JLA).

“Kami juga menambah personel tim SAR, untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan. Sebab ada wahana air seperti 2 speed boat dan 12 perahu wisata yang keliling Rawa Pening dan juga becak air. Apalagi di Rawa Pening anginnya cukup kencang sehingga harus dilakukan antisipasi,” beber Agus, Senin (21/7/2014).

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Semarang, Partono mengatakan, pihaknya juga sudah mengimbau sejumlah tempat wisata untuk mengatur tempat parkir. Tujuannya untuk mengantisipasi membeludaknya wisatawan, sehingga tidak terjadi kemacetan.

“Ada 20 obyek wisata dan 30 desa wisata. Pada musim liburan ini akan ada peningkatan jumlah kunjungannya mencapai 100 persen lebih dari hari-hari biasa. Diperkirakan melonjaknya jumlah pengunjung mulai H-3 Lebaran hingga H+7. Kami juga akan berkoodinasi dengan kepolisian dan instansi terkait untuk pengaturan lalulintas,” jelas Partono. (MS-14)