Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Kandas di ISC B, PSIS Segera Siapkan Skuat untuk Musim 2017

Kandas di ISC B, PSIS Segera Siapkan Skuat untuk Musim 2017

METROSEMARANG.COM – PSIS dipastikan terlempar dari persaingan memerebutkan titel Indonesia Soccer Championship (ISC) B usai kandas di babak 16 besar. CEO Yoyok Sukawi berjanji akan melakukan evaluasi total dan segera menyiapkan skuat untuk kompetisi musim depan.

Ahmad Agung dkk harus melupakan ISC B dan bergegas melakukan persiapan kompetisi tahun depan. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Ahmad Agung dkk harus melupakan ISC B dan bergegas melakukan persiapan kompetisi tahun depan. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Seisi Stadion Jatidiri mendadak hening beberapa saat setelah wasit Rahmatullah menutup pertandingan PSIS kontra PSGC Ciamis, Sabtu (12/11) sore tadi. Tak ada euforia untuk merayakan kemenangan Johan Yoga dkk atas Laskar Galuh.

Suara kharismatik MC Jatidiri, Tatut yang biasanya sangat ampuh membangkitkan suasana, tetap tak mampu menutup kegelisahan ribuan suporter dan penonton yang harus menerima kenyataan bahwa tim kebanggaan mereka gagal lolos ke babak 8 besar.

Stadion yang akan segera dipugar itu kembali ‘berdenyut’ ketika pemain dan ofisial PSIS menghampiri tribun utara dan timur untuk memberi penghormatan kepada suporter. Hari ini menjadi akhir perjuangan skuat Mahesa Jenar di panggung ISC B.

Skor 3-1 untuk kemenangan PSIS tak cukup menyelamatkan tim Ibukota Jateng bertahan di turnamen kasta kedua ini. Kekalahan Persekap Pasuruan di kandang PSPS Pekanbaru merusak pesta armada Eko Riyadi.

Sebelum matchday 6 digulirkan, PSIS masih bisa bermimpi lolos ke babak selanjutnya jika mampu mengalahkan PSGC, dengan catatan Persekap minimal bisa menahan seri PSPS. Asa itu sempat hidup ketika sampai turun minum skor PSPS vs Persekap masih sama kuat 2-2.

PSIS yang sudah memimpin satu gol lewat Feri Ariawan dan unggul jumlah pemain makin bersemangat membombardir pertahanan tim tamu. Hasilnya, dua gol tambahan berhasil dijaringkan Johan Yoga dan Feri, yang hanya mampu dibalas satu oleh PSGC.

Tapi, di pertandingan lainnya, PSPS sukses menyudahi perlawanan Persekap dengan skor 4-3. Hasil ini membuat kedua tim lolos sebagai wakil Grup D dengan nilai 9. Sedangkan PSIS naik satu peringkat ke posisi tiga dengan torehan 8 poin dan PSGC di posisi buncit dengan nilai enam.

“Musim ini PSIS memang penuh dinamika. Kami sering main bagus dan tak jarang bermain jelek. Tentunya ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kompetisi selanjutnya,” kata Yoyok Sukawi.

Menurut dia, hasil di ISC B juga bisa dijadikan ukuran kekuatan PSIS saat ini. “Masih banyak tim lain yang lebih bagus. Untuk itu, jika ingin berprestasi di musim kompetisi tahun depan, PSIS harus benar-benar melakukan persiapan yang matang,” tandasnya.

Pria yang baru saja terpilih sebagai Exco PSSI ini menegaskan bahwa dirinya tak akan membubarkan skuat PSIS. Johan Yoga cs hanya akan diliburkan sekitar dua pekan sebelum memasuki masa persiapan kompetisi 2017.

“Setelah ini kami akan melakukan pembenahan manajemen. Selain itu juga ada agenda RUPS. Selanjutnya akan kami persiapkan ofisial tim. Yang pasti tim tidak dibubarkan, hanya libur sekitar dua pekan,” tegasnya.

Namun, Yoyok belum berani memberi gambaran siapa saja pemain yang akan dipertahankan. “Persiapan harus lebih awal kita lakukan. Kalau untuk pemain, nanti setelah terbentuk ofisial tim, termasuk untuk kontrak dan sebagainya,” kata dia. (twy)