Kapolda Jateng Ancam Sanksi Anggotanya yang Terbukti Tak Netral dalam Pilkada

METROSEMARANG.COM – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono siap mengawal netralitas anggotanya dalam pelaksanaan pilkada 2018 nanti. Pihaknya akan melakukan tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku krtika mendapati anggotanya tak bersikap netral selama rangkaian kegiatan pilkada berlangsung.

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono. Foto: metrosemarang.com/efendi

“TNI ada undang undang yang mengatur netralitas, Polri juga ada undang-undang yang mengatur netralitas, tidak memihak dan juga ada perkap Kapolri untuk bersikap netral,” ujar Condro usai menyaksikan simulasi pengamanan Pilkada 2018 oleh TNI dan Polri di Lapangan Parade Makodam IV Diponegoro, Jumat (9/2).

Dengan begitu, jika nantinya ditemukan adanya anggota yang tidak netral selama rangkaian kegiatan pilkada berlangsung sudah ada peraturan yang mengatur.

“Oleh karenanya kalau ada anggota TNI atau anggota Polri tidan netral itu sudah ada prosedur-prosedur dan tindakan-tindakan internal baik tindakan disiplin, maupun kode etik, dan juga kita nanti berkoordinasi dengan bawaslu,” tukas Condro.

Pelaksanaan simulasi pengamanan oleh TNI dan Polri diikuti oleh sekitar 500 personel dari berbagai kesatuan. Simulasi tersebut juga dilaksanakan untuk memastikan kesiapan seluruh fungsi aparat keamanan di Wilayah Jawa Tengah dalam melaksanakan pengamanan saat rangkaian kegiatan pilkada berlangsung. (fen)