Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Kapolda Jateng Instruksikan Perketat Pengawasan Angkutan Bak Terbuka

Kapolda Jateng Instruksikan Perketat Pengawasan Angkutan Bak Terbuka

METROSEMARANG.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono memberikan instruksi keras kepada Polres di jajarannya untuk menertibkan angkutan bak terbuka. Hal ini setelah terjadinya kecelakaan lalu lintas mobil pikap G-1987-FC di jalan menurun Dukuh Baledono Baron, Desa Purbo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Senin (5/9).

Operasi gabungan untuk menertibkan angkutan bak terbuka di perbatasan Jateng, Selasa (6/9). Foto: metrojateng.com/MJ-24
Operasi gabungan untuk menertibkan angkutan bak terbuka di perbatasan Jateng, Selasa (6/9). Foto: metrojateng.com/MJ-24

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jateng Kombes Pol A Liliek Darmanto mengungkapkan, Kapolda memerintahkan kepada para Kapolres untuk menertibkan dengan cara preemtif dan preventif kendaraan-kendaraan yang tidak sesuai dengan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LAJJ).

“Kalau bisa dengan cara tersebut, tidak perlu dengan represif, yang humanis,” ungkap Liliek Darmanto, saat dihubungi wartawan, Selasa (6/9).

Dalam kecelakaan yang menyebabkan 13 rombongan takziah tewas, lanjut Liliek, Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Jawa Tengah, turun melakukan penyelidikan. Dalam insiden tersebut, kendaraan bak terbuka digunakan untuk mengangkut penumpang sebanyak 30 orang.

Ia menambahkan, salah satu hasil penyelidikan TAA adalah simulasi 3 dimensi bagaimana kecelakaan itu terjadi. Menurutnya, overloading muatan dapat menyebabkan kendaraan tidak seimbang karena beban, juga menyebabkan ban meletus, bisa berujung terjadi laka lantas.

“Atas perintah Kapolda, jika ada korban (meninggal dunia di TKP) lebih dari 5 orang, Polda akan turun menyelidiki atau meneliti. Kami dilengkapi berbagai peralatan canggih,” tandasnya. (din)