Home > Berita Pilihan > Kardinal Julius: Pancasila sebagai Perekat Bangsa Harus Kita Dukung

Kardinal Julius: Pancasila sebagai Perekat Bangsa Harus Kita Dukung

METROSEMARANG.COM – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang tak menyurutkan semangat para peserta Ngabuburit Kebangsaan dalam peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Tugu Muda, Kamis (1/6) sore. Dibuka dengan berbagai pementasan seperti musik dan tarian, acara ini diikuti sejumlah lembaga mulai dari Persaudaraan Lintas Agama, LBH Semarang, Gusdurian, eLSa dan beberapa organisasi lainnya.

Refleksi peringatan Hari Lahir Pancasila di Tugu Muda, Kamis (1/6). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Meskipun diguyur hujan, antusiasme dari ratusan peserta tak surut untuk meleburkan berbagai perbedaan di antara mereka. Peserta yang hadir merupakan berbagai tokoh lintas agama serta berbagai komunitas yang ada di Kota Semarang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kardinal Mgr Julius Riyadi Darmaatmadja. Dalam sembutannya, ia mengatakan bahwa nilai-nilai Pancasila dapat menjadi perekat antar umat beragama.

“Saya merasa bahwa nilai-nilai Pancasila sungguh mampu menjadi perekat bagi semua agama, menjadi perekat semua kepercayaan, perekat bagi suku-suku dan budaya Indonesia,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kehadirannya dalam acara tersebut merupakan sebuah perhatian terhadap generasi muda dalam memperjuangkan nilai-nilai Pancasila. “Semoga hari ini, berkat Tuhan mendampingi curahnya hujan, mendampingi kita semua dalam menghayati Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa yang sekarang memang kita dukung bersama, dan hari inilah hari kelahirannya Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh agama lain, Ubaidillah Achmad merasa terharu dengan suasana meleburnya perbedaan dalam acara Ngabuburit Kebangsaan itu. “Saya mewakili muslim tentu terharu, dengan dasar kebhinekaan dan keberagaman ini, saya pun ikut merasakan, turut ditemani menyambut berbuka puasa, sehingga tentu ini pelajaran bagi kita semua untuk kembali kepada dasar kebhinekaan kita,” kata dia. (fen)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link