Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Kasdam IV Diponegoro Beri Kuliah Bela Negara di IAIN Walisongo

Kasdam IV Diponegoro Beri Kuliah Bela Negara di IAIN Walisongo

image
Kasdam Diponegoro sedang memberikan kuliah umum di IAIN Walisongo (foto: Metro)

SEMARANG – Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV Diponegoro, Brigjend TNI Ibnu Dharmawan memberi memberi kuliah umum kepada 2.971 mahasiswa baru Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, Senin (1/9) di aula Kampus III Ngaliyan. Kasdam mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo.

Sebelumnya Rektor IAIN Walisongo, Profesor Muhibbin membuka perkuliahan. Sekaligus menandai dimulainya kuliah perdana semester gasal tahun ajaran 2014/2015. 

Brigjend Ibnu Darmawan mengatakan, mahasiswa harus turut berperan juga dalam membela Negara. Caranya dengan belajar yang rajin dan tekun, harapannya ke depan bisa jadi pemimpin bangsa yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera.

“Mahasiswa harus memiliki kekuatan bela negara. Intinya terdapat pada patriotisme, lima dasar bela negara yaitu, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara. Pada pancasila sebagai falsafah bangsa dan ideologi negara, rela berkorban demi bangsa dan negara,” tandasnya.

Setiap warga Negara Indonesia wajib membela negara. Caranya  dengan melakukannya sesuai dengan profesinya masing-masing.

“Di era sekarang ini yang menjadi musuh negara adalah kelaparan atau kemiskinan, melawan kebodohan dengan belajar yang rajin, exclusivisme bangsa, disintegrasi bangsa misalnya Organisasi Papua Merdeka. Penyebab negara hancur yaitu lunturnya kecintaan terhadap tanah air, degradasi moral generasi penerus bangsa,” jelasnya. (MS-06)