Home > Berita Pilihan > Kawanan Babi Hutan Serang Permukiman Warga, Dua Orang Terluka

Kawanan Babi Hutan Serang Permukiman Warga, Dua Orang Terluka

METROSEMARANG.COM – Kawanan babi hutan mengamuk di permukiman warga Desa Brengkel, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Dua warga setempat mengalami luka serius akibat serangan babi hutan dan harus menjalani perawatan medis.

Ilustrasi Foto: mediajurnal
Ilustrasi
Foto: mediajurnal

Dua warga yang terluka adalah Ruwat (40) dan Eko (35) saat kawanan babi hutan memasuki desa mereka, Selasa (15/11) sore. Sedikitnya empat ekor babi hutan atau celeng, sekitar pukul 17.00 tiba-tiba turun ke perkampungan penduduk.

Kabar masuknya kawanan celeng itu langsung menyebar ke seluruh kampung. Warga pun berbondong-bondong berusaha menghalau kawanan binatang yang sering merusak tanaman tersebut. Tiga ekor babi berhasil dihalau dan kembali masuk ke hutan. Namun satu ekor sempat menyeruduk dua warga.

Menurut warga setempat, Muhammad Fahmi (29), dua tetangganya itu melihat ada babi yang akan menyerang ibunya, sehingga berusaha menghalau. Namun justru babi itu menyeruduk dan melukai mereka. “Pak Ruwat kena tangan, sedang Pak Eko kena kakinya,” kata Fahmi, Rabu (16/11).

Dua warga yang terluka segera di bawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan. Sementara itu, babi yang menyerang berhasil ditangkap beramai-ramai oleh penduduk dalam kondisi mati di perempatan kampung. “Babi yang tertangkap ini berjenis kelamin betina,” lanjut Fahmi.

Dia menambahkan, babi yang berhasil dihalau kembali masuk hutan badannya lebih besar ketimbang babi yang tertangkap. Namun sekitar pukul 20.00, muncul lagi  dua ekor babi hutan dan langsung di halau oleh penduduk untuk masuk hutan kembali.

Sampai saat ini, warga terus berjaga-jaga untuk mengantisipasi serangan ‘balasan’ kawanan babi hutan. Diduga babi hutan tersebut turun ke perkampungan karena habitat mereka semakin sempit karena digunakan untuk lahan pertanian. (metrojateng.com/MJ-24)