Home > METRO BERITA > Fokus Metro Semarang > Kecelakaan BRT di Papandayan, Dishub Pastikan Bus Layak Jalan

Kecelakaan BRT di Papandayan, Dishub Pastikan Bus Layak Jalan

METROSEMARANG.COM – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang menyatakan bahwa BRT yang mengalami kecelakaan beruntun di simpang tiga Kagok Papandayan, tidak mengalami rem blong.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kepala Dishubkominfo Semarang Agoes Harmunanto mengatakan, saat kecelakaan pada Minggu (17/7) siang tersebut, bus dalam kondisi normal.

Ia bahkan berani mengatakan bahwa saat diperiksa secara teknis, mesin bus tidak mengalami masalah apapun terutama pada bagian pengereman dan tabung oli masih penuh terisi.

“Saat bodi bus diangkat, olinya masih penuh dan tidak ada kerusakan pada mesinnya,” ujar Agoes saat dikontak metrosemarang.com, Selasa (19/7).

Ia menjelaskan indikasi rem blong muncul karena saat kejadian sopir bus berjalan kencang dan mengerem mendadak di halte Kagok. Dalam kondisi rem mendadak itu, ia mengklaim bus nahas itu pasti terdorong ke depan lebih cepat.

“Itulah yang membuat busnya nabrak pangkalan ojek sampai terguling,” katanya.

Atas kondisi tersebut, ia mengaku masih memperdalam penyelidikan. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah sopir melakukan kesalahan, atau tidak.

“Masih diselidiki. Kita dugaan sementara human error. Kalau sanksinya wewenang polisi tapi kita lihat bila berbuat kesalahan maka diganti atau diberhentikan,” tegasnya. (far)