Kekerasan Seksual terhadap Wanita Masih Tinggi

Aksi LRC-KJHAM di Jalan Pahlawan, Minggu (15/2). Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Aksi LRC-KJHAM di Jalan Pahlawan, Minggu (15/2). Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – LRC-KJHAM, Kelompok Perempuan Sekartaji dan kelompok peduli wanita lainnya menggelar aksi damai di sebelah timur Tugu Tunas Pahlawan, Jalan Pahlawan pada Minggu (15/2) pagi. Mereka menari dan menampilkan aksi musikalisasi puisi di tengah-tengah suasana Car Free Day.

Menurut koordinator aksi, Witi Muntari, gerakan ini dinamakan V-Day, yaitu gerakan global yang disimbolkan untuk menghapuskan kekerasan seksual pada wanita.

“14 Februari diplokamirkan sebagai hari V-Day sekaligus hari kasih sayang untuk mengakhiri kekerasan seksual pada wanita,” ungkapnya.

LRC-KJHAM mencatat kekerasan terhadap perempuan di Jawa Tengah pada 2014 adalag 331 kasus dengan 632 perempuan sebagau korban kekerasan. KDRT tercatat 108 kasus, perkosaan 95 kasus, dan masih banyak kasus lain yg mencatat wanita sebagai korbannya.

Dia menambahkan, pemerintah harus segera mengesahkan RUU tentang pengapusan kekerasan seksual. Witi juga mengajak agar masyarakat bersama-sama mengkampanyekan untuk menghapus kekerasan seksual. (ade)

You might also like

Comments are closed.