Home > METRO BERITA > Kembali Meluap, Dewan Desak Pusat Segera Normalisasi BKT

Kembali Meluap, Dewan Desak Pusat Segera Normalisasi BKT

METROSEMARANG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mendesak pemerintah pusat segera menormalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Hal terkait dengan terjadinya banjir saat ini di wilayah Semarang Timur akibat meluapnya sungai tersebut.

Banjir menggenangi kawasan Sawah Besar akibat luapan Sungai, Senin (13/2) malam. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Suharsono mengatakan, jika tidak segera dinormalisasi, maka masyarakat sekitar bantaran BKT tersebut akan rutin terkerna banjir.

”BKT kewenanganya BBWS atau pemerintah pusat. Oleh karenanya Pemerintah Kota bersama Propinsi  mendorong agar normalisasi BKT bisa segera dilaksanakan. Kalau belum maka masyarakat yang ada di sekitar sungai akan menjadi rutinitas terkena dampak,” ujarnya, Selasa (14/2).

Menurut legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, Pemkot Semarang sudah membantu membuat timbunan pasir yang dimasukan karung-karung pada tanggul Sungai BKT. Namun hal itu tidak akan mampu bertahan lama. Jika curah hujan tinggi, maka volume air akan meningkat sehingga karung-karung pasir tersebut akan mudah terseret aliran air.

Seharusnya sampai nanti dilakukannya normalisasi BKT, kata dia, pemerintah pusat harus dapat dilakukan pengerukan sedimentasi yang volumenya sudah sangat banyak. Yang menyebabkan aliran sungai menyempit. Sehingga kapasitas akan lebih besar dan aliran air lebih lancar.

Ditambahkan, karena dampaknya kepada warga Semarang, maka Pemkot Semarang juga harus segera membantu korban banjir. Kesehatan warga tentu harus menjadi perhatian karena dampak banjir bisa mengakibatkan timbul penyakit.

”Bantuan logistik juga diperhitungkan. Bantuan air bersih dan mungkin pakaian kering,” katanya. (duh)