Home > METRO BERITA > Kemenag Lepas 355 Jemaah Haji Semarang

Kemenag Lepas 355 Jemaah Haji Semarang

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 355 jemaah haji dari kelompok terbang (kloter) 42 Semarang, hari ini Kamis (25/8), mulai diberangkatkan ke Embarkasi Haji Donohudan Boyolali. Mereka pada keesokan harinya diterbangkan menuju Tanah Suci Mekah.

Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu melepas jemaah haji Semarang, Kamis (25/8). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu melepas jemaah haji Semarang, Kamis (25/8). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Mohammad Habib Kepala Kemenag Kota Semarang mengatakan, hari ini merupakan jadwal pemberangkatan perdana untuk kloter 42 wilayah Semarang.

“Jika ditambah petugas yang ikut mengawal, maka jumlahnya jadi 360 orang,” kata Habib usai melepas pemberangkatan rombongan haji kloter 42 di gadung Islamic Center Manyaran, pukul 10.00 WIB.

Ia menjelaskan setelah kloter 42, nantinya rombongan haji lainnya akan terbang ke Mekah secara bertahap. Ia menyebut secara keseluruhan terdapat 7.433 jemaah yang terbag lima kloter.

“Tiga kloter utuh untuk Semarang dan dua kloter gabungan dari Demak, Kudus hingga Jepara,” urainya.

Ia menambahkan ada lima jemaah yang gagal berangkat haji pada tahun ini. Musababnya, karena tiga orang mengundurkan diri saat detik-detik pemberangkatan sedangkan dua batal berhaji karena meninggal dunia.

“Itu enggak bisa digantikan oleh keluarganya. Maka, kami menyiapkan calon haji cadangan,” terangnya.

Sedangkan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengimbau kepada jemaah haji yang berangkat hari ini agar menjaga staminanya tetap prima. Selain itu, panitia juga harus bisa mendisiplinkan jemaah haji agar kejadian tragedi maut di lorong Mina tak terulang lagi pada tahun ini.

Soal jemaah haji yang gagal berangkat dari Filipina, ia pun meminta kepada warganya supaya menahan diri untuk berangkat haji.

“Jangan sampai melanggar aturan karena yang rugi kita sendiri,” kata Ita. Pun demikian dengan indikasi pemalsuan paspor haji yang dilakukan jemaah dari Filipina. (far)