Home > METRO BERITA > “Kemerdekaan Bukan Weh-wehan Negara Lain”

“Kemerdekaan Bukan Weh-wehan Negara Lain”

image

SEMARANG – Pengibaran bendera yang berlangsung lancar dan khidmat berhasil dilaksanakan oleh Paskibra Kota Semarang yang terdiri dari pelajar dan pasukan militer Yonkaf 2/Tank Ambarawa. Upacara diikuti ratusan peserta dan tamu undangan, di Kompleks Balai Kota, Minggu (17/8/2014).
 
Bertindak sebagai inspektur upacara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Ia mengajak seluruh peserta mengenang serta memperingati peristiwa bersejarah perjuangan bangsa. Proklamasi kemerdekaan 69 tahun lalu oleh the founding fathers, merupakan titik awal diakuinya kedaulatan bangsa Indonesia.
 
‘’Kemerdekaan dan kebebasan yang kita nikmati saat ini, bukanlah hadiah yang jatuh dari langit atau wehwehan dari negara lain, melainkan rahmat dari Allah SWT dan buah perjuangan keras para pejuang pendahulu kita dengan pengorbanan jiwa raga serta harta benda,’’ tegas Walikota. 
 
Selain pelajar dan jajaran PNS, upacara ini diikuti para veteran, DPRD, TNI, Polri, PKK, organisasi wanita, ormas, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, dan tokoh agama. Menurut Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, sudah menjadi kewajiban bersama untuk menyampaikan ucapan terima kasih disertai penghargaan setinggi-tingginya kepada para sesepuh, pinisepuh dan veteran pejuang bangsa.
 
Lebih lanjut, semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi kepentingan masyarakat dari para sesepuh, perlu diteladani dan diimplementasikan guna mengisi kemerdekaan. Melaksanakan tanggungjawab sesuai tugas dan kedudukan masing-masing. Menjawab nilai-nilai hakiki dari kemerdekaan, yaitu dengan cara memerangi kemiskinan, pengangguran dan persoalan lainnya.
 
Pada peringatan HUT kemerdekaan ke-69 ini diangkat tema ‘Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera’. Sejalan dengan tema itu, Hendi mengajak untuk mempererat persaudaraan, persatuan, kebersamaan, serta mendukung presiden periode 2014 – 2019.(MS-13)