Home > METRO BERITA > Kereta Pengangkut Baja yang Terguling Baru Diangkat Malam Ini

Kereta Pengangkut Baja yang Terguling Baru Diangkat Malam Ini

METROSEMARANG.COM – Rangkaian kereta api pengangkut baja coil yang terguling di dekat Stasiun Batang, rupa-rupanya baru bisa dievakuasi malam ini pukul 18.30 WIB.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Gatut Sutiyatmoko menyatakan proses evakuasi enam gerbong yang terguling dan empat gerbong yang anjlok menggunakan bantuan mobil crane.

Ilustrasi. Sejumlah pekerja sedang memerbaiki bantalan rel di palang pintu Jalan Petek Kecamatan Semarang Utara, Senin (28/9/2015). Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi. Sejumlah pekerja sedang memerbaiki bantalan rel di palang pintu Jalan Petek Kecamatan Semarang Utara, Senin (28/9/2015). Foto: metrosemarang.com/dok

“Masih proses evakuasi dengan crane dari Cirebon,” katanya saat dikontak metrosemarang.com, Senin (25/4) malam.

“Prosesnya baru dimulai pukul 18.30 tapi sedang diupayakan segera selesai,” tambahnya.

Meski demikian, ia masih enggan mengungkapkan lebih jauh ihwal penyebab utama tergulingnya kereta barang tersebut.

Menurutnya saat ini penyelidikan di lokasi kejadian sedang dilakukan oleh tim investigator PT KAI. “Belum bisa disampaikan, Mas karena prosesnya penyelidikan belum selesai,” ungkapnya.

Sebelumnya diinformasikan, kereta pengangkut baja itu semula bertolak dari Jakarta membawa 20 gerbong termasuk lokomotif CC 2061363 yang dioperasikan memakai single track. Kereta nahas itu dikemudikan oleh masinis atas nama Agung Susilo serta asistennya, Eko Fitrianto.

Setibanya di dekat Stasiun Batang, enam gerbong bernomor lambung 421160, 421152, 421117, 421008, 421025, dan 421151 terguling total. Sedangkan, empat gerbong lainnya anjlok pada bagian as roda kereta. Sisanya lagi dalam kondisi aman. (far)