Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Kereta Pengangkut Baja yang Terguling di Batang Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Kereta Pengangkut Baja yang Terguling di Batang Akhirnya Berhasil Dievakuasi

METROSEMARANG.COM – Rangkaian gerbong kereta pengangkut baja coil yang terguling di dekat Stasiun Batang, akhirnya berhasil dievakuasi pagi ini, Selasa (26/4). Proses pengangkatan gerbong yang terguling membutuhkan waktu lebih dari 24 jam karena terdapat banyak baja yang harus dipindahkan ke bantalan rel.

Ilustrasi. Pengecekan perlintasan kereta api di wilayah Cilosari, Senin (22/6). Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi. Pengecekan perlintasan kereta api di wilayah Cilosari, Senin (22/6). Foto: metrosemarang.com/dok

“Evakuasi gerbongnya sudah selesai jam 09.15 WIB tadi dan dilanjutkan perbaikan track yang diupayakan siang ini selesai sehingga jalur kereta kembali normal,” ungkap Gatut Sutyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang saat dikontak metrosemarang.com.

Ia menjelasan ribuan tonase baja coil yang berada diatas gerbong kereta barang tersebut untuk sementara dilepas lalu dipindahkan ke pinggir bantalan rel agar memudahkan evakuasi gerbong yang terguling maupun yang anjlok.¬†“Muatan baja coil dibebaskan dulu dari jalur kereta agar proses perbaikan track tidak terganggu dari muatan tersebut,” papar Gatut lagi.

Ia menyatakan baja coil bakal diangkut kembali dengan menunggu datangnya kiriman gerbong dari Surabaya.

Sebelumnya diinformasikan, kereta pengangkut baja itu semula bertolak dari Jakarta membawa 20 gerbong termasuk lokomotif CC 2061363 yang dioperasikan memakai single track. Kereta nahas itu dikemudikan oleh masinis atas nama Agung Susilo serta asistennya, Eko Fitrianto.

Setibanya di dekat Stasiun Batang, enam gerbong bernomor lambung 421160, 421152, 421117, 421008, 421025, dan 421151 terguling total. Sedangkan, empat gerbong lainnya anjlok pada bagian as roda kereta. Sisanya lagi dalam kondisi aman. (far)