Home > METRO BERITA > METRO INFO > agenda semarang > Kesulitan Air Bersih, Warga Tambakaji akan Gelar Wayangan

Kesulitan Air Bersih, Warga Tambakaji akan Gelar Wayangan

METROSEMARANG.COM – Warga Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan kembali menggelar sedekah bumi. Prosesi tersebut akan diawali dengan pagelaran wayang kulit, Sabtu (16/4) malam.

Ilustrasi
Ilustrasi

Tokoh masyarakat Tambak Aji Fajar Purwoto, Kelurahan Tambakaji yang secara topografis berada di perbukitan serta dikeliling sejumlah pabrik besar memiliki berbagai persoalan, seperti kesulitan mendapatkan air bersih dan lain sebagainya. Melalui sedekah bumi ini, warga ingin memanjatkan doa pada Tuhan agar selalu diberi kemudahan mendapatkan air bersih.

Kegiatan tradisional ini diawali dengan pementasan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang kondang Ki Joko Gatotkaca. Pentas wayang kulit yang akan dilaksanakan di Jalan Kapri  Raya RT 05 RW 10 ini menampilkan lakon Semar Mbangun Kayangan.

Fajar menambahkan, kegiatan sedekah bumi ini merupakan tradisi leluhur yang perlu dilestarikan. “Masyarakat Kelurahan Tambakaji menyadari bahwa selama ini Tuhan telah menganugerahkan begitu banyak kenikmatan sehingga layak disyukuri,” kata dia, Kamis (14/4).

Salah satu ungkapan rasa syukur itu dengan menggelar sedekah bumi yang diawali dengan kegiatan wayangan. Wayangan ini digelar pada Sabtu (16/4) mulai pukul 20.00 hingga selesai. Masyarakat Kota Semarang dipersilakan untuk ikut memeriahkan kegiatan ini. (ade)