Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Ketahanan Nasional Jateng Masuk Lima Besar

Ketahanan Nasional Jateng Masuk Lima Besar

image
Ilustrasi

MAGELANG– Jawa Tengah masuk urutan lima terbaik provinsi di Indonesia dengan ketahanan nasional terbaik. Salah satu faktornya adalah masih tingginya nilai-nilai persaudaraan dan toleransi yang berkembang di masyarakat.
     
Gubernur Lemhanas Prof Budi Susilo Supanji mengatakan ada lima provinsi besar yang memiliki tingkat ketahanan nasional tinggi. Pertama adalah DIY. Disusul nomor dua adalah Bali, lalu nomor empat adalah Jateng. Indeks ketahanan nasional DIY tercatat 3,01, dan indeks ketahanan Jateng menunjukan angka 2,89.
       
“Provinsi dengan tingkat ketahanan nomor tiga kalau tidak salah di antara Padang atau Jawa Timur, persisnya saya kurang hafal. Yang jelas dengan indeks ketahanan tinggi, orang Yogyakarta dan Jateng tidak mudah terhasut dan terprovokasi,” kata Budi.
       
Indeks ketahanan paling tinggi dalam tetapan angka lima. Ada tiga kategori ketahanan versi Lemhanas, yakni sangat tangguh, tangguh, cukup tangguh, kurang tangguh, dan rawan. Yogyakarta dan Jateng, kata Budi berada di level cukup tangguh dari sisi ketahanan nasional dan budaya.
     
“Sedangkan untuk provinsi kategori rawan indeks ketahanannya berada di bawah angka 1,75. Jumlahnya kurang dari 10 provinsi, tapi tidak akan saya sebut disini,” kata Budi. (Metrojateng/MJ-14)