Home > METRO BERITA > KULINER > Ketan Ijo, Kudapan Gurih Khas Kedai Harto’s

Ketan Ijo, Kudapan Gurih Khas Kedai Harto’s

METROSEMARANG.COM – Bisnis kuliner makin menjamur di Semarang. Mulai dari makanan berat hingga cemilan. Salah satunya adalah Gunanjar, pemuda kelahiran 1994 yang merintis usaha ketan ijo. Ramainya bisnis kuliner di Semarang menjadi salah satu pemicu keberaniannya untuk menjajal bisnis ini.

Ketan Ijo khas Kedai Harto's laris diburu pecinta kuliner. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Ketan Ijo khas Kedai Harto’s laris diburu pecinta kuliner. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Ketan ijo Gunanjar sebenarnya adalah kudapan ketan susu biasa yang juga mulai booming di Semarang. Yang menjadikan ketan ijo milik Gunanjar ini berbeda adalah rasa ketan olahannya yang lebih gurih dari ketan lain.

Menurutnya proses mengolah beras ketan menjadi ketan siap makan menghabiskan waktu lebih dari satu jam. “Prosesnya lama, mulai dari merendam beras, hingga mengukus,” papar Gunanjar kepada metrosemarang.com baru-baru ini.

Pemilihan nama ketan ijo sebenarnya karena warna ketan yang dibuatnya berwarna hijau. Ia menjamin warna pada ketannya menggunakan pewarna makanan yang berkualitas dan aman tentunya. “Kalau pas Agustusan saya pernah bikin warna ketan merah putih,” imbuhnya.

Ada beragam varian toping untuk ketan ijo miliknya. Mulai dari original atau rasa asli ketan hanya ditambah susu kental manis hingga aneka toping seperti buah, bubuk kacang. Ia juga menerima orderan toping sesuai selera pembeli.

Rasa kenyal dan gurih ketan berpadu dengan manisnya susu membuat ketan ijo ini terasa legit dan memanjakan lidah. Selain itu bahan dasar utamanya adalah beras yang tentunya akan cukup mengenyangkan. Kudapan ini cocok untuk mengganjal perut sambil menunggu waktu makan malam.

Gunanjar juga melayani delivery order dengan pesanan minimal lima bungkus. Anda yang penasaran bisa datang langsung ke Kedai Harto’s di jalan Prof. Dr. Hamka KM  01 Jrakah Semarang. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau mulai Rp 4 ribu-Rp 10 ribu, tergantung pilihan toping yang diinginkan pembeli. (vit)