Home > Berita Pilihan > Ketika Banjir jadi ‘Sahabat’ Siswa SD Muktiharjo Lor

Ketika Banjir jadi ‘Sahabat’ Siswa SD Muktiharjo Lor

METROSEMARANG.COM – Keceriaan nampak pada wajah beberapa siswa tatkala bermain air seusai pulang sekolah, Selasa (4/4) siang. Bukan di wahana berbayar, melainkan jalanan depan sekolah yang terendam banjir menjadi tempat yang asyik untuk mereka bermain.

Siswa SD Muktiharjo Lor bermain air yang menggenangi halaman sekolah, Selasa (4/4). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Banjir yang merendam kawasan Sekolah Dasar Muktiharjo Lor, Kelurahan Muktiharjo, Kecamatan Genuk, Semarang tak hanya merendam jalan di depan gedung sekolah. Genangan air juga merendam halaman sekolah, bahkan air yang setinggi lutut orang dewasa sampai ke teras ruang kelas.

“Ya susahnya itu kan kadang airnya bisa masuk ruang kelas, jadi bisa mengganggu proses belajar mengajar, apalagi kalau ada kendaraan seperti truk lewat ombaknya bisa masuk ke sekolah,” ujar salah satu guru SD Muktiharjo Lor, Rumiyati saat ditemui metrosemarang.com.

Rumiyati juga mengatakan, beberapa tahun lalu gedung sekolah sempat ditinggikan sekitar 60 sentimeter, namun banjir yang melanda semakin tahun semakin tinggi.

“Sekitar 5 tahun lalu Mas, ini sudah mending kalau dulu masuk ke ruang kelasnya tinggi, kalau sekarang paling ke teras,” katanya.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan beberapa proses belajar mengajar menjadi Terkendala. Pasalnya kegiatan belajar mengajar di luar gedung tidak bisa dilaksanakan lantaran seluruh halaman sekolah terendam banjir.

Banjir yang melanda SD Muktiharjo Lor biasanya surut secepat-cepatnya tiga hari. “Ya kadang bisa nyampe lima hari, bahkan juga bisa sampai satu Minggu,” kata Rumiyati.

Banjir ini memang bukan kali pertama melanda SD Muktiharjo Lor. Bahkan sekolah ini, setiap tahunnya pasti terkena banjir. (fen)