Home > METRO BERITA > Ketika Veteran Perang Berbagi Kisah Perjuangan di Hadapan Siswa SMP 2 Semarang

Ketika Veteran Perang Berbagi Kisah Perjuangan di Hadapan Siswa SMP 2 Semarang

METROSEMARANG.COM – Peringatan Kemerdekaan RI tidak bisa dilepaskan begitu saja dari jasa para pejuang. Inilah yang dilakukan siswa SMP Negeri 2 Semarang dengan mengundang lima veteran pejuang kemerdekaan untuk berbagi kisah perjuangan mereka, Selasa (16/7) pagi.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

“Ini ide anak-anak, mereka ingin mengenang dan mengenal para pejuang,” ungkap Teguh Waluyo, Kepala SMP 2 Semarang.

Ada lima orang veteran yang diundang, yakni FX. Sudarso, Suhendro Amijoyo, F. Ngadiman, Putranto Joko Sutopo, dan Kuadi. Para veteran pejuang ini memaparkan pengalaman mereka secara panel di hadapan 811 siswa SMP 2.

Teguh menuturkan, para veteran ini merupakan pelaku sejarah, sehingga mendengar cerita mereka pasti akan berbeda dengan membaca buku sejarah.¬†“Mereka adalah pelaku sejarah, tanpa mereka tidak mungkin kita bisa hidup seperti sekarang,” imbuhnya.

Teguh berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah seremonial saja, tetapi harus bisa membangun nuansa khusus, yaitu nuansa perjuangan para siswa. Terlebih lagi SMP N 2 telah ditunjuk menjadi sekolah rujukan di tingkat sekolah menengah pertama.

Prestasi sebagai sekolah rujukan ini diraih dengan tiga kriteria yaitu akreditasi A, menerapkan Kurikulum 2013, dan indeks integritas Ujian Nasional Tinggi. Ketiga kriteria itu telah terpenuhi oleh SMP N 2, dengan Indeks Integritas Ujian Nasional mencapai 95,53. (vit)