Home > METRO BERITA > Kewalahan Tertibkan PKL Liar, Pemkot Minta Bantuan Polisi

Kewalahan Tertibkan PKL Liar, Pemkot Minta Bantuan Polisi

METROSEMARANG.COM – Pemkot Semarang akan menggandeng pihak kepolisian untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL). Hal itu dilakukan karena SKPD terkait merasa kewalahan melakukan penertiban PKL walau sudah dibantu bersama Satpol PP Kota Semarang.

Penertiban PKL di Semarang Barat, Rabu (2/3). Foto: metrosemarang.com/dok
Penertiban PKL di Semarang Barat, Rabu (2/3). Foto: metrosemarang.com/dok

“Kami sudah ke Polrestabes untuk membahas permasalahan PKL liar. Sebanarnya kita sudah menggandeng aparat ketika melakukan penertiban PKL di Kota Lama,” ujar Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu, Sabtu (15/10).

Mbak Ita sapaan akrabnya hanya akan menertibkan PKL liar yang keberadaanya melanggar aturan seperti memanfaatkan badan jalan atau berada di atas saluran. Dia memberi contoh terdapat banyak PKL liar ada di sekitar Tri Lomba Juang dan maraknya di sepanjang Jalan Simongan.

Jika PKL resmi, kata Ita Pemkot akan memfasilitasi relokasi termasuk menyediakan tempat berjualan. Contohnya seperti PKL Padangrani di Kota Lama akan disediakan tempat pada gedung sekitar Taman Garuda.

Sementara itu, Kepala Satpol PP‎, Endro PM mengakui ada keterbatasan jumlah personil Satpol PP yang tidak sebanding dengan pertumbuhan PKL. Dikatakannya, anggota yang bertugas di penindakan lapangan tidak lebih dari 150 orang. (ade)