Home > METRO BERITA > KNKT Apresiasi Kesigapan Petugas Bandara dalam Penanganan Insiden Wings Air

KNKT Apresiasi Kesigapan Petugas Bandara dalam Penanganan Insiden Wings Air

METROSEMARANG.COM – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengapresiasi respons yang cepat dari petugas Bandara Ahmad Yani saat insiden yang menimpa pesawat Wings Air, Minggu (25/12) kemarin. Kesigapan tersebut menghindarkan dari dampak lebih buruk yang bisa terjadi.

Proses pemindahan pesawat Wings Air yang tergelincir di Bandara Internasional Ahmad Yani. Foto: metrosemarang.com/istimewa

“Respon line cukup baik. Sehingga pesawat tidak mengalami kebakaran. Pesawatnya utuh. Dan sudah dievakuasi ke apron pukul 06.00 WIB pagi,” kata
Suryanto Utomo, Ketua KNKT kepada wartawan, Senin (26/12).

Saat ini, KNKT telah mengamankan kotak hitam (black box) dan voice recorder untuk selanjutjya dibawa ke Jakarta. Penyelidikan lebih lanjut akan diproses di sana.

Pemeriksaan terhadap black box ini butuh jangka waktu lama. “Bisa beberapa hari ke depan atau mungkin dalam tempo sebulan,” terangnya.

Pilot Wings Air saat tergelincir diketahui punya jam terbang cukup tinggi yakni 4.000 jam sedangkan co pilot 3.000 jam. “Dengan kru berpengalaman ditambah cuaca yang memang hujan, membuat kecelakaan tidak dihindarkan lagi,” jelasnya.

Pesawat Wings jenis ATR yang berangkat dari Bandung itu juga dinyatakan masih layak terbang. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link