Home > METRO BERITA > Kolaborasi Lukis, Musik, dan Tari Buka Pazaar Seni di TBRS

Kolaborasi Lukis, Musik, dan Tari Buka Pazaar Seni di TBRS

image
Pembukaan Pazaarseni 2014 di Taman Budaya Raden Saleh. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Pazaar Seni 2014 dibuka secara resmi oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Minggu (24/8) tepat pukul 20.15. Selama tujuh hari ke depan hingga 30 Agustus, ratusan seniman berbagai disiplin seni akan unjuk kreatifitas di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Jalan Sriwijaya Semarang.

Dalam sambutannya Hendrar Prihadi mengatakan, Pazaar Seni adalah wadah kreatifitas para seniman. Tidak hanya seni rupa, tapi juga musik, teater, mural, puisi, dan film. Menurut Hendrar, kualitas seniman Semarang tidak kalah dibanding daerah lain.

“Dan kami berkomitmen untuk mendukung serta mengorbitkan seniman-seniman Semarang agar bisa berjaya di level Nasional,” katanya.

Untuk mewujudkannya, Hendrar meminta agar komunikasi antara pemerintah dan seniman dijaga dengan baik. “Blak-blakan saja. Jika tidak suka katakan tidak. Kalau diam-diam saja saya tidak akan tahu kalau ada yang tidak baik,” tegasnya

Ketua Panitia Teguh Hadi Prayitno menyatakan, meski baru kali pertama digelar, Pazaar Seni Semarang tidak kalah dengan pasar seni di Surabaya dan Jakarta. “Hari ini kita tunjukkan selama tujuh hari kedepan bahwa pasar kesenian semarang juga tumbuh dan menjadi kantong pertumbuhan dunia seni rupa Indonesia yang patut diperhatikan,” katanya.

Ketua Dewan Kesenian Semarang (Dekase) Mulyo Hadi Purnomo mengatakan, Pazaar seni menunjukkan bagaimana TBRS dimanfaatkan sungguh-sungguh sebagai taman budaya. Ia berharap Pemerintah Kota Semarang mengembangkan TBRS dengan berbagai fasilitas yang menunjang perkembangan kesenian.

“TBRS jangan tergusur sebagai taman budaya, malah justru dikembangkan dan dimaksimalkan seebagai pusat kegiatan kesenian semarang,” katanya.(MS-08)